Danrem 064/MY Ajak LPM se-Provinsi Banten Tingkatkan Nasionalisme Masyarakat

October 26, 2021

Serang - Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, S.Sos., M.M mengajak para pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Provinsi Banten untuk bisa meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat. Hal tersebut diungkapkan saat audiensi para pengurus LPM dengan Danrem di Makorem 064 MY di Kota Serang, Banten, Senin (25/10).

“Saya berharap agar rekan-rekan bisa ikut meningkatkan Nasionalisme masyarakat,” ujar Danrem 064 Maulana Yusuf yang diwakili Kasrem Kol Inf Hardian Ahmadi.

Ajakan tersebut cukup beralasan, Kasrem mengungkapkan keprihatinannya dengan keadaan pertanian ,maraknya peredaran buah impor di Indonesia.

“Sekarang ini banyak beredar buah impor. Seharusnya kita galakkan menanam buah lokal. Melalui LPM inilah, saya harap kita bisa mengajak masyarakat untuk bergerak menanam buah lokal,” ujarnya yang didampingi Kapenrem Mayor Inf Ade Hermansyah.

Kasrem juga mengungkapkan jika dalam dua tahun terakhir ini, jajaran Korem 064/MY fokus pada penanganan Covid 19. “TNI/ Polri fokus menangani Covid 19 dalam dua tahun terakhir ini, bagaimana agar covid bisa ditangani dengan cepat. “Menurut Kasrem, pihaknya setiap hari melakukan pengecekan perkembangan covid di Indonesia, khususnya di Provinsi Banten.

“Kita hampir setiap hari melakukan vicon, baik itu dengan Kodam maupun dengan Kodim, kita selalu ngecek, juga dengan Kementrian, bagaimana pengananan covid di wilayah ini,” ujarnya.

Kasrem mengungkapkan jika program vaksin di Banten saat ini masih rendah dibandingkan daerah lain di Indonesia. “Memang secara nasional, vaksin di wilayah Banten ini masih rendah. Tapi kalau per kabupaten kota seperti Cilegon, Serang, sudah bisa di atas 30 persen. Bahkan, Cilegon untuk vaksin pertama sudah bisa 40 persen. Tapi Lebak dan Pandeglang, karena wilayahnya cukup luas, permasalahan tersebar, sehingga kendala itulah yang kita dituntut untuk penanganan secara maksimal.”

Karena itulah, Kasrem mengajak LPM untuk bersinergi membantu percepatan penanganan Covid 19. “Mungkin kalau LPM bisa melaksanakan kerja sama dengan kegiatan tersebut malah bagus. Walaupun memang kita selalu mengajak rekan-rekan kita yang dari perusahaan untuk penanganan itu, Alhamdulillah bisa dilaksanakan dengan cepat.”

Sementara Plt Ketua DPD LPM Provinsi Banten H. Abdulrahim Odeh mengaku berterimakasih kepada jajaran Korem 064/MY yang mau meningkatkan sinergisitas dengan LPM. Ia juga menjelaskan tentang program LPM yang bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat.

“Program LPM ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat, salah satunya dengan memberikan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat sesuai wilayahnya.”

Odeh juga menjelaskan sesuai undang-undang dan Kepres, yang di bawahnya turunan Permendagri nomor 18 tahun 2018 tentang penataan kelembagaan LPM , LPM tersebut dikonsentrasikan sebagai mitra pembangunan pemerintah . “Yang dititikberatkan pada tiga hal yaitu perencanaan, pembangunan, dan pengendalian,”

yang di titik berat pada aspirasi atau usulan dari masyarakat melalui Musrenbang di tingkat bawah yaitu musrenbang desa atau kelurahan.

Sementara menanggapi permasalahan covid 19, Odeh menjelaskan jika LPM sudah terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Salah satunya dengan pengikutsertaan para penggurus dan anggota LPM dalam program vaksinasi nasional.

“Jadi kami yang datang ke sini, semuanya sudah divaksin,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, selain Kasrem Kolonel Inf Hardian Ahmadi, juga hadir Kapenrem Mayor Inf Ade Hermansyah dan Pasiren Mayor Inf Surasa.

Sementara para pengurus LPM yang hadir, selain Plt Ketua DPD LPM Provinsi Banten H. Abdulrahim Odeh, juga hadir Sekjen DPD LPM Provinsi Banten Bahtera, humas Henny Murniati, juga hadir pengurus DPD LPM Kabupaten Kota se-Provinsi Banten.