Korem 064/MY Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan di Ponpes Daar Al - Ilmi

September 30, 2021

Serang - Komandan Korem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, S.Sos, M.M yang di wakili Pasi Binwamil Siter Korem 064/MY Mayor Arm Kasudiono di dampingi Pasi Bhakti Korem Siter Korem 064/MY Mayor Chb Gimin menggelar kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar di Pondok Pesantren Daar Al-Ilmi, di Jalan Empat Lima, Cikulur, Kota Serang, Rabu, (29/09/2021).

Kegiatan pembinaan Wasbang tersebut mengusung tema Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif. Tujuan dari kegiatan tersebut guna membentuk masyarakat yang berkarakter dalam berwawasan kebangsaan.

Dalam sambutan Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto, S.Sos,M.M , yang dibacakan Pasi Binwawil Siter Korem 064/MY Mayor Arm Kasudiono menyampaikan bahwa setiap bangsa didunia memiliki cara pandang terhadap kebangsaan dan tanah airnya masing-masing dan cara pandang terhadap kebangsaannya itu kemudian disebut sebagai Wawasan Kebangsaan.

"Perlu kita ketahui bersama, bahwa Bangsa Indonesia memiliki wawasan kebangsaannya sendiri yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Wawasan kebangsaan yang sering didengungkan oleh Pemerintah, hendaknya tidak sekedar retorika verbal yang tidak pernah diaktualisasikan dalam kenyataan, namun wawasan kebangsaan herus benar-benar terealisasi dalam kehidupan nyata sehari-hari." Katanya.

Menurutnya, hal seperti ini bila dibiarkan akan menyuburkan benih-benih Primordialisme (Kedaerahan), Fanatisme kelompok, fanatisme golongan, kesukuan dan lain-lain yang dapat menimbulkan perpecahan. Dikalangan pelajar sering kali terjadi perkelahian seperti tawuran antar sekolah, tawuran antar kelompok, tawuran antar geng dan tindakan perkelahian lainnya.

"Kita dapat menyaksikan bahwa kenyataan yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat sekarang cenderung kurang memiliki semangat kebangsaan, misalnya suatu golongan begitu menghujat golongan yang lain, suatu kelompok saling menjelekan dan mencaci-maki kelompok lain yang pada gilirannya dapat menimbulkan bentrokan antar kelompok, bentrokan antar Suku, Agama, Ras dan lain-lain," katanya.

Danrem berharap dengan pembinaan wasbang ini sangatlah penting untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan, sehingga mempunyai kepribadian yang kuat, berakhlak mulia, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, terampil inovatif, memiliki semangat bela negara serta pekerjaan keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan dalam pencapaian cita-cita Bangsa.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta, agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, sehingga guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, karena segala permasalahan bangsa kita saat ini adalah tanggung jawab kita semua, untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan bangsa," imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, marilah kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita, karena perjuangan dimasa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti dimasa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya ucapkan terima kasih atas penerimaan serta penyambutan yang diberikan kepada pimpinan Ponpes Saat Al-Ilmi kepada kami semua. Kegiatan yang positif ini diharapkan dapat bermanfaat dalam menjalankan tugas yang sedang menanti di hadapan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna tetap terjaganya persatuan dan kesatuan negara kesatuan negara kesatuan republik Indonesia," Imbuhnya.