Pangdam Hadiri Lounching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim Pandeglang

November 6, 2020

Pangdam III/ Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., menghadiri kegiatan Lounching Kapal Babinsa Merah Putih di kampung Pagedongan Desa Sukajadi Kecamatan Carita Pandeglang Banten. Jum'at (06/11/2020).

Kegiatan diawali dengan paparan Dandim 0601/ Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi, menjelaskan bahwa Wilayah Korem 064/ Maulana Yusuf memiliki garis pantai yang cukup luas sehingga masyarakat yang tinggal di pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Namun, masih banyak para nelayan yang tidak memiliki kapal penangkap ikan yang besar untuk melaut karena mahalnya biaya produksi pembuatan kapal baik yang terbuat dari bahan dasar kayu maupun fiber.

Karena masih banyaknya nelayan yang belum mampu untuk membuat serta membeli Kapal, Danrem 064/ Maulana Yusuf Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko S.E., M.B.A.,memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan pelatihan pembuatan kapal Ferrocement.

"Alhamdulillah Kegiatan pelatihan pembuatan kapal telah berhasil menyelesaikan 1 unit Kapal yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih, sedangkan satu unit masih dalam proses pembuatan," ujarnya.

Ferrocement adalah kapal dengan konstruksi Beton bertulang yang terbuat dari campuran semen, air, pasir dan pembesian jala (kawat ayam atau kawat jala) yang mempunyai sifat mudah di bentuk dan tentunya dengan biaya produksi yang lebih murah.

Pangdam III/ Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., dalam sambutannya memberikan apresiasi sekaligus merasa bangga kepada para Babinsa jajaran Korem 064/ Maulana Yusuf yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan satu unit kapal ferrocement hanya dalam waktu 21 hari saja.

keberhasilan para Babinsa membuat kapal ferrocemen yang diberi nama kapal Babinsa merah putih dengan panjang 10 meter dan lebar 3 meter diharapkan dapat menjadi percontohan serta membantu para nelayan di wilayah Korem 064/ Maulana Yusuf dalam meningkatkan ketahanan laut.

"Ini merupakan keberhasilan para Babinsa jajaran Korem 064/ Maulana Yusuf, yang harus kita apresiasi dan kita dukung guna ketahanan laut serta untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan," tuturnya.

Beliau juga berharap kegiatan seperti ini dapat ditindaklanjuti oleh seluruh instansi terkait dan para pelaku usaha lainnya dengan cara memberikan sebagian dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut, sehingga pembuatan kapal Babinsa merah-putih kedepannya semakin baik dan dapat diproduksi secara massal.

"saya optimis tujuan utama dari pembuatan kapal Ferrocement Babinsa merah putih untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan, dapat benar-benar terwujud," sambungnya.

Mengakhiri sambutannya Pangdam III/ Siliwangi memesan 1 unit Kapal Babinsa Merah Putih lengkap dengan mesinnya untuk digunakan diwilayah Kodim 0601/Pandeglang.

Selanjutnya Pangdam lll/Siliwangi beserta rombongan meninjau dan mencoba kapal Babinsa merah putih.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapok Sahli Kasad, Forkopimda Provinsi Banten, para Asisten dan Kabalak Kodam lll/Siliwangi, Kasrem, Kasi Kasrem 064/MY dan Formopimda Kabupaten Pandeglang.

Sumber : Penrem 064/MY.