Peringati HUT Ke-76 Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 064 PD III/Siliwangi Gelar Deteksi Dini Kanker Payudara dan Tes IVA

March 21, 2022

Serang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) ke-76 tahun 2022, Koorcab Rem 064 PD III/Siliwangi mengadakan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker payudara dan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) bagi anggota Persit di wilayah Korem 064/MY bertempat di RS Kencana, Senin ( 21/03/2022 ).

Kegiatan ini merupakan langkah untuk mengantisipasi berkembangnya kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) yang sangat berperan penting bagi kaum perempuan.

“Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT Persit KCK ke-76 tahun 2022 dan mempunyai tujuan untuk meminimalisir penyakit kanker Serviks, yang kita ketahui bahwa setiap tahun angkanya terus bertambah. Untuk itu kita laksanakan tes ini kepada Persit di Wilayah Korem 064/MY ,” kata Ketua Persit KCK Koorcab Rem 064/MY.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 064 PD III/Siliwangi Ny. Fien Yunianto. Dalam arahannya mengawali acara tersebut, Ketua Persit menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk mengingatkan kembali akan bahaya kanker payudara dan kanker rahim bagi kaum perempuan.

“Jika ada yang mempunyai bibit atau sudah menderita penyakit kanker payudara dan kanker rahim, agar segera berobat atau mengikuti program yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, karena akibatnya bisa fatal jika tidak segera diobati,” terang Ny. Fien Yunianto.

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 064 PD III/Siliwangi menambahkan, bahwa melalui pemeriksaan deteksi dini IVA Test ini, diharapkan bisa mengantisipasi dan mencegah penyakit kanker rahim bagi ibu-ibu Persit KCK Koorcab Rem 064 maupun Ibu-Ibu Persit Kodim Jajaran Korem 064/MY dan Persit Balak Jajaran Korem 064/MY “jelas Ketua Persit KCK Koorcab Rem 064.

Tes bagi Ibu-Ibu Persit tersebut digelar di Denkesyah 03.04.04 Serang. Ibu-ibu Persit mengaku gembira lantaran bisa mengetahui kesehatan masing-masing dengan gratis tanpa dipungut biaya. Tim medis Denkesyah menyampaikan, Tes IVA adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan pemberian Asam Asetat.

Sedangkan tujuan tes IVA tersebut untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Selain itu juga untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim. Syarat dilakukannya tes IVA ini antara lain tidak sedang datang bulan atau haid, tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual, “terang Tim Medis.